Terkait dengan upaya profesionalisme guru di Indonesia, Sudarwan Danim (2006) mengemukakan sebelas asumsi yang harus dipenuhi jika para guru benar-benar hendak ditempatkan sebagai sebuah profesi yang terhormat. Kesebelas asumsi tersebut adalah:
- Secara relatif mereka dibayar lebih baik daripada apa yang mereka dapatkan sekarang di manapun mereka dipekerjakan.
- Mereka mempunyai pilihan untuk mengaktualkan kemampuan profesionalnya dengan bekerja secara memandu sendiri.
- Mereka mempunyai peluang untuk menyuarakan secara lebih besar mengenai peran dalam tugas mereka.
- Adanya kejelasan mengenai alur puncak karier yang tersedia bagi mereka
- Mereka mengawasi peran mereka sendiri
- Mereka membuat keputusan tentang siswa pada level unit kerja mereka.
- Mereka memiliki rencana pembayaran jasa yang dibedakan antara guru yang mampu dan yang kurang mampu.
- Aktualisasi diri dalam kerangka membangun relasi dengan yang lain.
- Pemberian tanggung jawab dan tambahan kesejahteraan dalam aneka bentuknya.
- Lingkungan memberikan suplai di mana disiplin tidak lagi menjadi fokus utama perilaku guru.
- Adanya perlindungan kebebasan akademik bagi guru. Guru yang tidak kompeten tidak diberi peluang untuk menuntut hak lebih banyak dan mereka tidak perlu dibela oleh organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar